alat output komputer

 HANDPHONE / HP

 

Handphone merupakan alat telekomunikasi elektronik bersifat dua arah yang mudah untuk kita bawa kemana-mana dan mempunyai kemampuan untuk bisa mengirim pesan baik berupa suara, gambar dan informasi.

Pengertian handphone tersebut adalah pengertian handphone secara dasar.

Dalam keseharian saat ini, manusia tentu saja hampir tidak dapat lepas dari yang namanya Handphone.

Apalagi sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi sehingga membuat handphone memiliki berbagai manfaat dan kegunaan sekaligus. Tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi.

Namun sekarang handphone juga bisa digunakan untuk media hiburan, untuk bisnis dan juga bisa digunakan untuk berbagai kegunaan lainnya.

Bahkan saat ini istilah handphone berubah menjadi smartphone karena memiliki berbagai macam kegunaan dan juga fungsi pintar yang bisa memudahkan segala urusan manusia.

 

               handpone                                                                               

                        

                                                                            

Setelah kita mengetahui pengertian handphone tentu saja kita juga harus tahu tentang bagaimana sejarah dari handphone.

Hal ini karena handphone yang kita pegang saat ini tentu saja tidak ada secara instan. Bahkan handphone sendiri terus mengalami berbagai perkembangan sejak awal dibuat.

Jika dulu handphone hanya bisa digunakan untuk sarana komunikasi saja, sekarang handphone bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk sarana hiburan, sarana informasi dan sebagainya.

Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper yang menjadi karyawan dari Motorola di tahun 1973.

Handphone pertama yang berhasil ada di dunia adalah tipe handphone Dynatac. Dimana ide ini bermula ketika Cooper ingin membuat perangkat komunikasi yang mudah dibawa dan juga fleksibel penggunaanya.

Jika saat ini Handphone sudah berubah menjadi smartphone dengan ukuran yang tipis dan berat yang sangat ringan.

Handphone jaman dulu mempunyai berat mencapai 2 kg dan untuk membuatnya diperlukan biaya sekitar 90 juta rupiah.

Berat dan biaya produksi tersebut tentu saja sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan saat ini.

Namun yang menjadi masalah bukanlah masalah biaya dari produksi melainkan adaptasi infrastruktur jaringan handphone zaman dulu.

Martin Cooper sendiri bukan satu-satunya orang yang memiliki peran penting.

Tokoh lain yang memiliki peran penting dalam sejarah handphone adalah Amos Jpel yang fokus pada switching.

Dimana Switching adalah proses yang berguna untuk menyambungkan ponsel dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga pengguna bisa bergerak tanpa terputus pembicaraan.

 

Jika dulu fungsi utama dari handphone menjadi media komunikasi lewat panggilan telepon dan pengiriman pesan singkat atau SMS.

Berkembang lagi menjadi penangkap sinyal televisi dan radio, kemudian berkembang lagi dengan penambahan fitur kamera dan juga layanan internet.

Kini handphone sudah memiliki semua fitur dan fungsi yang sebelumnya hanya dimiliki oleh perangkat komputer atau PC saja.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI 

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali orang yang mempertukarkan istilah teknologi informasi dan sistem informasi seenaknya, tanpa tahu perbedaan mendasar dibalik kedua istilah yang sedang trend tersebut. Ada baiknya di abad informasi ini, pengertian kedua istilah tersebut diperjelas agar tidak terjadi salah kaprah, terutama jika wakil praktisi teknologi dari Indonesia harus berbicara di forum internasional. Istilah ‘teknologi informasi’ mulai dipergunakan secara luas di pertengahan tahun 80-an. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi komputer yang dipadukan dengan teknologi telekomunikasi. Definisi kata ‘informasi’ sendiri secara internasional telah disepakati sebagai ‘hasil dari pengolahan data’ yang secara prinsip memiliki nilai atau value yang lebih dibandingkan dengan data mentah. Komputer merupakan bentuk teknologi informasi pertama (cikal bakal) yang dapat melakukan proses pengolahan data menjadi informasi. Dalam kurun waktu yang kurang lebih sama, kemajuan teknologi telekomunikasi terlihat sedemikian pesatnya, sehingga telah mampu membuat dunia menjadi terasa lebih kecil (mereduksi ruang dan waktu = time and space). Dari sejarah ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyaluran data/informasi tersebut dalam batas-batas ruang dan waktu. Dengan berpegang pada definisi ini, terlihat bahwa komputer hanya merupakan salah satu produk dalam domain teknologi informasi. Modem, Router, Oracle, SAP, Printer, Multimedia, Cabling System, VSAT, dan lain sebagainya, merupakan contoh dari produk-produk teknologi informasi





 

                                  


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

alat input komputer

alat komputer